^Back To Top
foto1 foto2 foto3 foto4 foto5
.:. Selamat datang di situs resmi SMA Muhammadiyah Tarakan :: The Real School  .:.

HW Gelar Perkemahan Gabungan Sekolah Muhammadiyah Se-Tarakan

SMA Muhammadiyah Kota Tarakan dalam rangkaian kegiatan peringatan Milad Muhammadiyah ke 105 Hijriah atau 102 Masehi yang jatuh pada tanggal 8 Dzulhijjah, menggelar berbagai kegiatan yang diantaranya adalah kegiatan perkemahan gabungan antara sekola muhammadiyah se-kota tarakan, serta kegiatan lainnya yang dilaksanakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tarakan diantaranya Seminar Pelaksanaan Pendidikan Budi Pekerti untuk guru-guru di lingkungan pendidikan Kota Tarakan, pelatihan Darul Arqam Dasar Mahasiswa Muhammadiyah Kota Tarakan dan puncaknya adalah pelaksanaan jalan santai keluarga besar Muhammadiyah Kota Tarakan.

Perkemahan gabungan yang berlangsung di halaman SMA Muhammadiyah Tarakan dibuka pada Jum’at 24 Oktober dan berlangsung selama tiga hari dengan diikuti oleh 132 peserta yang terbagi ke dalam 12 regu yang masing-masing regu berjumlah 11 orang.

 

Pembina Qabilah Buya Hamka SMA Muhammadiyah Tarakan (Gugus Depan (GUDEP))  Agus Salim mengatakan, kegiatan perkemahan gabungan diikuti oleh seluruh Sekolah Muhammadiyah Se-Kota Tarakan baik di tingkat Athfal (Sekolah Dasar), Pengenal (SMP), dan Penghela (SMA). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan memperingati Milad Muhammadiyah yang ke 105 dan juga untuk menanamkan kedisiplinan bagi peserta PRAMUKA atau yang dalam Sekolah Muhammadiyah lebih dikenal dengan istilah Hizbul Wathan (HW).

Selain untuk memeriahkan rangkaian kegiatan Milad Muhamadiyah juga sebagai implementasi pelaksanaan kurikulum 2013 yang mana pada kurikulum 2013 kegiatan kepanduan atau kepramukaan menjadi ekstrakulikuler wajib bagi setiap sekolah tidak terkecuali di SMA Muhammadiyah “kami juga mempunyai kegiatan kepanduan yakni Hizbul Wathan (HW).

Kemudian tujuan dari kegiatan perkemahan kali ini adalah untuk membangun karakter dan kemandirian siswa, misalnya bagaimana mereka bisa membuat tenda sendiri, memasak sendiri serta berbagai kegiatan disipliner lainnya, jelas Agus.

Agus salim juga menambahkan bahwa beberapa kegiatan juga turut mengisi kegiatan malam perkemahan gabungan tersebut, seperti pentas seni dan api unggun.

Terlepas dari berbagai hal tersebut Agus juga mengatakan bahwa kepanduan dalam hizbul wathan serupa dengan kegiatan kepramukaan pada umumnya. Hanya saja pada Hizbul Wathan lebih menyeimbangkan antara kegiatan akademik dengan ibadah. Sebagai contoh para peserta tidak boleh meninggalkan sholat lima waktu demi kepentingan lainnya.

Untuk meningkatkan kualitas akademiknya Hizbul Wathan juga telah melakukan berbagai kegiatan khusus yang bekerjasama dengan TNI maupun dari pihak Kepolisian dengan harapan dapat mencetak pribadi yang berkarakter disiplin, tangguh dan mulia seperti apa yang tercantum dalam undang-undang Hizbul Wathan.

“sebagai mana harapan kita, melalui kepanduan Hizbul Wathan ini dapat membentuk siswa yang berkepribadian baik, selain pandai dan amanah juga dapat saling menghormati baik terhadap teman maupun orang tua”, harap Agus.

Kegiatan perkemahan ditutup pada minggu pagi 26 oktober dengan kegiatan jalan santai yang dipusatkan di kompleks pendidikan Muhammadiyah Ladang Tarakan yang diikuti juga oleh seluruh keluarga besar Muhammadiyah Kota Tarakan serta menjadi puncak peringatan Milad Muhammadiyah. (Radar Tarakan 28/10/2014)

Qur'an Digital

Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak. ~ Khalifah ‘Ali

Photo Gallery

Pengunjung

412440
Your IP: 54.205.211.87
Server Time: 2019-01-17 22:56:41
Copyright © 2014. SMA Muhammadiyah Tarakan