Deprecated: iconv_set_encoding(): Use of iconv.internal_encoding is deprecated in /home/smamuh/public_html/v2/libraries/joomla/string/string.php on line 28

Deprecated: iconv_set_encoding(): Use of iconv.input_encoding is deprecated in /home/smamuh/public_html/v2/libraries/joomla/string/string.php on line 29

Deprecated: iconv_set_encoding(): Use of iconv.output_encoding is deprecated in /home/smamuh/public_html/v2/libraries/joomla/string/string.php on line 30
SMA MUHAMMADIYAH MULAI TERAPKAN KURIKULUM 2013
^Back To Top
foto1 foto2 foto3 foto4 foto5
.:. Selamat datang di situs resmi SMA Muhammadiyah Tarakan :: The Real School  .:.

SMA MUHAMMADIYAH MULAI TERAPKAN KURIKULUM 2013

Guna menerapan kurikulum 2013 pada tahun ajaran baru mendatang, pekan lalu SMA Muhammadiyah Tarakan mengadakan workshop pemerataan mutu pendidikan sekolah imbas untuk para tenaga pendidiknya.

“pelatihan ini merupakan upaya kami untuk memberikan pengetahuan kepada guru-guru yang ada di SMA Muhammadiyah Tarakan mengenai kurikulum 2013 dan bagaimana penerapannya dalam dalam setiap mata pelajaran,” hal tersebut diutarakan oleh wakil kepala bidang kurikulum SMA Muhammadiyah Tarakan Husnaini,S.Pi. “saat ini sekolah kami masih menerapkan Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), namun roh kurikulum 2013 sudah mulai kami terapkan pada setiap mata pelajaran yang diajarkan di SMA Muhammadiyah “.

Menurut husnaini, pada dasarnya kurikulum 2013 tidak jauh berbeda dengan KTSP. Ada dua perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya yaitu pendekatan ilmiah dan otentik.

Pada kurikulum 2013 siapa pun bisa menjadi guru dan dimanapun bisa menjadi wali kelas, saat ini siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran dan ini benar-benar dapat mengeksplor kemampuan mereka.

 

Penilaian pun tidak hanya terbatas pada saat ujian, keseharian mereka di kelas dan kemampuan dan kemampuan mereka menyelesaikan tugas-tugas juga akan dinilai semua.

Dalam pelaksanaan pelatihan para guru dibagi kedalam beberapa kelompok secara bergantian guru berperan menjadi guru model dan pengamat. Setelah guru model mengajar dengan kurikulum 2013, maka langkah selanjutnya adalah refleksi. Pada tahapan refleksi kami membahas mengenai apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan kami dalam mengajar. Setelah diketahui kekurangan dalam program proses belajar mengajar tersebut kemudian kita mencari solusi untuk mengatasi kelemahan tersebut.

Dengan adanya pelatihan ini pihak sekolah berharap seluruh guru di lingkungan SMA Muhammadiyah Tarakan diharapkan dapat menerapkan esensi dari kurikulum 2013 pada setiap mata pelajaran yang ditanganinya.

Sehingga kedepan rekan-rekan guru telah terbiasa dan tidak canggung lagi dalam menerapkan kurikulum baru, dan jika ada pelatihan-pelatihan mengenai pengenalan kurikulum 2013 kami sudah tidak binggung lagi, sudah diberikan pengenalan terlebih dahulu walaupun terbatas.

Qur'an Digital

Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti rasul, karena itu masukanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Allah)."(Ali-Imran 53)

Photo Gallery


Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/smamuh/public_html/v2/components/com_joomgallery/helpers/html/joomgallery.php on line 1045
Copyright © 2014. SMA Muhammadiyah Tarakan